PENJABARAN SKL KE DALAM KISI-KISI SOAL
IPA-BIOLOGI
N0
|
STANDAR
KOMPETENSI LULUSAN (SKL)
|
INDIKATOR
SKL
|
INDIKATOR
SOAL
|
No
Butir
|
9
|
Mendeskripsikan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari
serta pengaruhnya pada tubuh manusia dan lingkungan.
|
21.
Mendeskripsikan bahan
kimia tertentu yang terdapat dalam beberapa produk kimia.
|
·
Disajikan data zat
aditif pada kemasan
makanan, siswa dapat mengidentifikasi zat aditif alami pada makanan
·
Disajikan data zat aditif pada produk kimia, siswa dapat mengidentifikasi zat aditif alami/sintetis pada makanan
·
Siswa dapat
menjelaskan pengaruh zat aditif terhadap
kesehatan
|
22
|
22.
Mendeskripsikan bahan kimia adiktif dan obat psikotropika
serta cara menghindarinya.
|
·
Siswa dapat
mengidentifikasi ciri-ciri pengaruh
zat adiktif terhadap halusinasi
·
Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri
pengaruh zat adiktif tertentu terhadap pengguna zat adiktif/psikotropika.
·
Siswa dapat
mengidentifikasi ciri-ciri fisiologis pengaruh zat adiktif
|
23
|
||
10
|
Mendeskripsikan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk
hidup, serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.
|
23.
Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup.
|
·
Disajikan beberapa gambar aktivitas makhluk hidup, siswa dapat mengidentifikasikan ciri-ciri makhluk hidup
tertentu
·
Disajikan gambar ciri mahluk
hidup, siswa dapat menentukan ciri tersebut yang benar
·
Disajikan pernyataan ciri-ciri mahluk hidup,
siswa dapat menentukan ciri-ciri
makhluk hidup tertentu.
|
24
|
24.
Mengelompokkan makhluk
hidup berdasarkan ciri-cirinya.
|
·
Disajikan beberapa nama
hewan, siswa dapat mengidentifikasi ciri pengelompokan pada hewan tinggi
·
Disajikan data ciri-ciri hewan tertentu, siswa dapat menentukan kelas/suku berdasarkan ciri-ciri hewan tersebut.
·
Disajikan data ciri-ciri tumbuhan, siswa dapat menentukan kelas/suku berdasarkan ciri-ciri tumbuhan tersebut.
|
25
|
||
11
|
Mendeskripsikan komponen ekosistem, interaksi antar
makhluk hidup dalam lingkungan, serta peran manusia dalam pengelolaan
lingkungan.
|
25.
Menjelaskan interaksi
antar makhluk hidup dalam ekosistem.
|
·
Disajikan diagram
rantai/jarring-jaring makanan, siswa dapat menentukan komponen rantai makanan dalam ekosisten ( jumlah)
·
Disajikan diagram rantai/jarring-jaring makanan, siswa
dapat menjelaskan
akibat yang terjadi pada ekosistem tersebut bila
populasi tertentu menurun
·
Disajikan diagram
rantai/jarring-jaring makanan, siswa dapat menentukan jumlah rantai makanan dalam
jarring-jaring
makanan tersebut.
·
|
26
|
26.
Menjelaskan usaha-usaha
manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
|
·
Disajikan kasus/gambar pencemaran, siswa dapat menentukan usaha manusia untuk
mengatasi pencemaran tersebut.
·
Siswa dapat mengidentifikasi usaha manusia dalam mengatasi
pencemaran udara (reboisasi)
·
Siswa dapat
mengidentifikasi usaha manusia dalam mengatasi pencemaran tanah (daur ulang)
|
27
|
||
27.
Menjelaskan
hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan
berdasarkan hasil pengamatan/ kasus.
|
·
Disajikan
grafik hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan banyaknya sampah , siswa
dapat menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi dengan kebutuhan air bersih/udara bersih
(dampak)
·
Disajikan grafik siswa dapat menjelaskan
hubungan antara kepadatan populasi penduduk dengan kebutuhan pangan (dampak)
·
Disajikan grafik, siswa dapat menjelaskan pengaruh
peningkatan populasi penduduk dengan kualitas lingkungan
|
28
|
||
12
|
Menjelaskan sistem organ pada manusia.
|
28.
Menjelaskan
system peredaran darah pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
|
·
Disajikan tabel
ciri-ciri sel darah siswa dapat membedakan jenis sel darah dengan benar
·
Siswa dapat menjelaskan urutan jalan peredaran darah besar/kecil pada manusia dengan benar
·
Disajikan
data, siswa dapat membedakan pembuluh darah (arteri dan vena)
|
29
|
29.
Menjelaskan system
pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan.
|
· Disajikan gambar sistem pencernaan, siswa dapat menentukan organ yang menghasilkan enzim dengan fungsi tertentu
· Siswa dapat menentukan fungsi enzim tertentu dalam proses pencernaan
makanan
·
Disajikan tabel pencernaan siswa dapat menjelaskan organ, enzim tertentu serta fungsinya
|
30
|
||
30.
Menjelaskan system
pernapasan pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
|
· Disajikan data mekanisme
pernapasan, siswa dapat menentukan mekanisme pernapasan dada/perut
·
Disajikan
data, siswa dapat menentukan penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan
· Disajikan gambar penggalan alat pernafasan, siswa dapat menentukan organ tertentu
dengan fungsinya
|
31
|
||
·
Disajikan gambar persendian tertentu, siswa dapat menentukan arah gerak
yang ditimbulkannya.
·
Disajikan gambar tentang kelainan pada susunan tulang belakang, siswa
mampu menjelaskan penyebab terjadinya kelainan tersebut.
·
Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan penyebab gerakan bisep/trisep.
|
32
|
|||
32.
Menjelaskan
sistem ekskresi/reproduksi pada manusia/penyakit yang berhubungan
dengannya. |
· Disajikan
gambar nefron/penampang
ginjal, siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada bagian yang
ditunjuk.
· Siswa dapat menentukan hasil dari salah satu tahapan
proses pembentukan urine pada ginjal
· Siswa dapat menentukan salah satu fungsi bagian alat reproduksi pada manusia
|
33
|
||
33.
Menjelaskan
sistem saraf/alat indera pada manusia.
|
· Disajikan
gambar sel saraf, siswa dapat menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk
· Siswa dapat menentukan prosedur jalannya rangsang yang
disebabkan oleh jenis gerak tertentu
· Disajikan salah satu gambar indera, siswa dapat
menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk
|
34
|
||
13
|
Menjelaskan sistem organ dalam
kehidupan tumbuhan
|
34.
Menjelaskan
struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan.
|
· Disajikan
gambar penampang melintang salah satu organ pada tumbuhan, siswa dapat
menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk.
· Disajikan beberapa deskripsi suatu jaringan
tumbuhan, siswa dapat menentukan jenis
jaringan tersebut
· Siswa dapat menentukan pembeda antara tumbuhan dikotil
dan monokotil
|
35
|
35.
Menjelaskan
respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
|
· Disajikan gambar jenis tumbuhan tertentu (putri
malu/yang bersulur/ Leguminaceae),
siswa dapat menjelaskan respon tumbuhan akibat pengaruh tertentu
· Disajikan beberapa pernyataan/contoh tentang respon
tumbuhan akibat lingkungan luar, siswa dapat menentukan pernyataan yang
sesuai/benar.
· Siswa dapat menjelaskan respon yang dilakukan oleh jenis tumbuhan
tertentu apabila ada pengaruh dari lingkungan luar
|
36
|
||
36.
Menjelaskan
proses fotosintesis melalui percobaan-percobaan tentang proses tersebut.
|
· Disajikan
gambar tentang tahapan percobaan Sach, siswa dapat menjelasakan tujuan dari
salah satu tahapan tersebut
· Siswa dapat
menentukan bentuk reaksi kimiawi fotosintesis dengan benar
· Disajikan
gambar percobaan Ingenhousz siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada
percobaan tersebut
|
37
|
||
14
|
Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan
perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta
kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.
|
|
|
|
37.
Memberi
contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk
hidup.
|
· Disajikan ilustrasi/ contoh adaptasi makhluk hidup, siswa dapat
menentukan contoh bentuk adaptasi tersebut.
· Siswa dapat menjelaskan tujuan dari adaptasi yang
dilakukan oleh makhluk hidup tertentu.
· Siswa dapat menyebutkan faktor-faktor yang mendukung seleksi
alam
|
38
|
||
38.
Menginterpretasi
proses persilangan berdasarkan hukum Mendel.
|
· Disajikan pernyataan/data persilangan monohibrid
dominasi penuh, siswa dapat menentukan perbandingan genotip/fenotip F2
· Disajikan pernyataan/data persilangan monohibrid
intermedier, siswa dapat menentukan jumlah/persentase individu berfenotip
tertentu pada F2 dari hasil persilangan F1
|
39
|
||
39.
Menjelaskan
pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.
|
· Siswa dapat
memberi contoh salah satu mikroba yang dimanfaatkan dalam produk bioteknologi
konvensional
· Siswa dapat menjelaskan manfaat dari salah satu produk
bioteknologi modern dalam bidang kesehatan
· Siswa dapat memberi contoh jenis mikroba yang
dimanfaatkan dalam bioteknologi pada bidang pertanian
|
40
|
ada yang fisika nya gak ? kalau ada tolong dikirim ke email saya di sakina.sa@gmail.com
BalasHapusmakasih banget udah bantu saya dalam menghadapi ujian kali ini