Rabu, 13 Maret 2013

Kisi - kisi UN IPA 2013



PENJABARAN SKL KE DALAM KISI-KISI SOAL IPA-BIOLOGI
N0
STANDAR KOMPETENSI   LULUSAN (SKL)
INDIKATOR SKL
INDIKATOR SOAL
No Butir
9
Mendeskripsikan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari serta pengaruhnya pada tubuh manusia dan lingkungan.
21.    Mendeskripsikan bahan kimia tertentu yang terdapat dalam beberapa produk kimia.
·     Disajikan data zat aditif  pada kemasan makanan, siswa dapat mengidentifikasi zat aditif alami pada makanan 
·     Disajikan data zat aditif  pada produk kimia, siswa dapat mengidentifikasi zat aditif alami/sintetis pada makanan
·     Siswa dapat menjelaskan pengaruh  zat aditif terhadap kesehatan

22
22.    Mendeskripsikan bahan kimia adiktif dan obat psikotropika serta cara menghindarinya.
·     Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri  pengaruh zat adiktif terhadap halusinasi
·     Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri  pengaruh zat adiktif tertentu terhadap pengguna zat adiktif/psikotropika.
·     Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri fisiologis pengaruh zat adiktif

23
10
Mendeskripsikan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.
23.    Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
·     Disajikan beberapa gambar aktivitas makhluk hidup, siswa dapat mengidentifikasikan ciri-ciri  makhluk hidup tertentu
·     Disajikan gambar ciri mahluk hidup, siswa dapat menentukan ciri  tersebut yang benar
·     Disajikan pernyataan ciri-ciri mahluk hidup, siswa dapat menentukan ciri-ciri makhluk hidup tertentu.

24
24.    Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya.
·     Disajikan beberapa nama hewan, siswa dapat mengidentifikasi ciri pengelompokan  pada hewan tinggi 
·     Disajikan data ciri-ciri hewan tertentu, siswa dapat menentukan kelas/suku berdasarkan ciri-ciri hewan tersebut.
·     Disajikan data ciri-ciri tumbuhan, siswa dapat menentukan kelas/suku berdasarkan ciri-ciri  tumbuhan tersebut.

25
11
Mendeskripsikan komponen ekosistem, interaksi antar makhluk hidup dalam lingkungan, serta peran manusia dalam pengelolaan lingkungan.
25.    Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem.
·     Disajikan diagram rantai/jarring-jaring makanan, siswa dapat menentukan  komponen rantai  makanan dalam ekosisten ( jumlah)
·     Disajikan diagram rantai/jarring-jaring makanan, siswa dapat menjelaskan akibat yang terjadi pada ekosistem tersebut bila  populasi tertentu menurun
·     Disajikan diagram rantai/jarring-jaring makanan, siswa dapat menentukan  jumlah rantai makanan dalam jarring-jaring makanan tersebut.
·      
26
26.    Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
·     Disajikan kasus/gambar pencemaran, siswa dapat menentukan usaha manusia untuk mengatasi pencemaran tersebut.
·     Siswa dapat mengidentifikasi usaha manusia dalam mengatasi pencemaran  udara (reboisasi)
·     Siswa dapat mengidentifikasi usaha manusia dalam mengatasi pencemaran tanah (daur ulang)
27
27.    Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/ kasus.
·     Disajikan grafik hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan banyaknya sampah , siswa dapat menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi  dengan kebutuhan air bersih/udara bersih (dampak)
·     Disajikan grafik siswa dapat menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi penduduk dengan kebutuhan pangan (dampak)
·     Disajikan grafik, siswa dapat menjelaskan  pengaruh peningkatan populasi penduduk dengan kualitas lingkungan
28
12
Menjelaskan sistem organ pada manusia.
28.    Menjelaskan system peredaran darah pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
·     Disajikan tabel ciri-ciri sel darah siswa dapat membedakan jenis sel darah dengan  benar  
·      Siswa dapat menjelaskan  urutan jalan peredaran darah besar/kecil pada manusia dengan benar
·     Disajikan data, siswa dapat membedakan pembuluh darah (arteri dan vena)
29
29.    Menjelaskan system pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan.
·     Disajikan gambar sistem pencernaan, siswa dapat menentukan organ yang menghasilkan enzim dengan fungsi tertentu
·     Siswa dapat menentukan fungsi enzim tertentu dalam proses pencernaan makanan
·     Disajikan tabel pencernaan siswa dapat menjelaskan organ, enzim tertentu serta fungsinya

30
30.    Menjelaskan system pernapasan pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
·     Disajikan  data mekanisme pernapasan, siswa dapat menentukan mekanisme pernapasan dada/perut
·     Disajikan data, siswa dapat menentukan penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan
·     Disajikan gambar penggalan alat pernafasan, siswa dapat menentukan organ tertentu dengan fungsinya
31
·     Disajikan gambar persendian tertentu, siswa dapat menentukan arah gerak yang ditimbulkannya.
·     Disajikan gambar tentang kelainan pada susunan tulang belakang, siswa mampu menjelaskan penyebab terjadinya kelainan tersebut.
·     Disajikan gambar/pernyataan, siswa  dapat menentukan penyebab gerakan bisep/trisep.
32
32.    Menjelaskan sistem ekskresi/reproduksi pada manusia/penyakit yang berhubungan
dengannya.
·     Disajikan gambar nefron/penampang ginjal, siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada bagian yang ditunjuk.
·     Siswa dapat menentukan hasil dari salah satu tahapan proses pembentukan urine pada ginjal
·     Siswa dapat menentukan salah satu fungsi bagian alat reproduksi pada manusia
33
33.    Menjelaskan sistem saraf/alat indera pada manusia.
·     Disajikan gambar sel saraf, siswa dapat menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk
·     Siswa dapat menentukan prosedur jalannya rangsang yang disebabkan oleh jenis gerak tertentu
·     Disajikan salah satu gambar indera, siswa dapat menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk 
34
13
Menjelaskan sistem organ dalam kehidupan tumbuhan
34.    Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan.
·     Disajikan gambar penampang melintang salah satu organ pada tumbuhan, siswa dapat menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk.
·     Disajikan beberapa deskripsi suatu jaringan tumbuhan,  siswa dapat menentukan jenis jaringan tersebut
·     Siswa dapat menentukan pembeda antara tumbuhan dikotil dan monokotil
35
35.    Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
·     Disajikan gambar jenis tumbuhan tertentu (putri malu/yang bersulur/ Leguminaceae), siswa dapat menjelaskan respon tumbuhan akibat pengaruh tertentu
·     Disajikan beberapa pernyataan/contoh tentang respon tumbuhan akibat lingkungan luar, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai/benar.
·     Siswa dapat menjelaskan respon yang dilakukan oleh jenis tumbuhan tertentu apabila ada pengaruh dari lingkungan luar
36
36.    Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan-percobaan tentang proses tersebut.
·     Disajikan gambar tentang tahapan percobaan Sach, siswa dapat menjelasakan tujuan dari salah satu tahapan tersebut
·     Siswa dapat menentukan bentuk reaksi kimiawi fotosintesis dengan benar
·     Disajikan gambar percobaan Ingenhousz siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada percobaan tersebut
37
14
Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.



37.    Memberi contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.
·     Disajikan ilustrasi/ contoh adaptasi makhluk hidup, siswa dapat menentukan contoh bentuk adaptasi tersebut.
·     Siswa dapat menjelaskan tujuan dari adaptasi yang dilakukan oleh makhluk hidup tertentu.
·     Siswa dapat menyebutkan faktor-faktor yang mendukung seleksi alam
38
38.    Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum Mendel.
·     Disajikan pernyataan/data persilangan monohibrid dominasi penuh, siswa dapat menentukan perbandingan genotip/fenotip F2
·     Disajikan pernyataan/data persilangan monohibrid intermedier, siswa dapat menentukan jumlah/persentase individu berfenotip tertentu pada F2 dari hasil persilangan F1
·     Disajikan pernyataan/data persilangan dihibrid, siswa dapat menentukan perbandingan/persentase genotip/fenotip filial dari hasil persilangan dihibrid dominasi penuh
39
39.    Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.
·     Siswa dapat memberi contoh salah satu mikroba yang dimanfaatkan dalam produk bioteknologi konvensional
·     Siswa dapat menjelaskan manfaat dari salah satu produk bioteknologi modern dalam bidang kesehatan
·     Siswa dapat memberi contoh jenis mikroba yang dimanfaatkan dalam bioteknologi pada bidang pertanian
40

1 komentar:

  1. ada yang fisika nya gak ? kalau ada tolong dikirim ke email saya di sakina.sa@gmail.com

    makasih banget udah bantu saya dalam menghadapi ujian kali ini

    BalasHapus